LAPORAN INDIVIDU
KULIAH KERJA NYATA (KKN) DI DESA KEDUNG KUMPUL KECAMATAN SARI REJO
KABUPATEN LAMONGAN
Dosen pembimbing lapangan:
Mas'ud ali jundan,S.IP M.SI
O l e h :
NIK’ATIN
NIM : 2007875
FAI / AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN
Jl. Airlangga 3 Sukodadi Lamongan 62253 (0322) 390497
2010
HALAMAN PENGESAHAN
Dengan ucapan bismillahirrahmanirrahim, Kepala Desa Kedung Kumpul Kecamatan Sari Rejo Kabupaten Lamongan memberikan persetujuan dan pengesahan laporan atas nama :
Nama : NIK'ATIN
NIM : 2007875
Fakultas : Agama Islam
Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Mahasiswa Universitas Islam Darul Ulum (Unisda) Lamongan yang telah melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Kedung Kumpul Kecamatan Sari Rejo Kabupaten Lamongan tanggal 2– 31 Agustus 2010.
Disahkan di :Kedung Kumpul
Tanggal : 31 Agustus 2010
Mengetahui
Dosen Pembimbing Lapangan Kepala Desa Kedung Kumpul
Mas'ud ali jundan,S.IP M.SI Imawan Sutanto, S.Pdi
KATA PENGANTAR
Segala puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan Individu ini yang berjudul " Pengaruh Pengajian dan TPQ terhadap minat membaca al-Quran pada anak SD di desa Kedung Kumpul "
Laporan Individu ini dimaksudkan untuk memenuhi tugas mata kuliah Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) Tahun 2010.Secara garis besar Laporan ini berisi tentang Bagaimana upaya meningkatkan prestasi di TPQ.
Dalam kesempatan ini penulis menyampaikan rasa hormat dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada beberapa pihak,di antaranya :
1. Yang Terhormat Imawan Sutanto, S.Pdi Selaku Kepala Desa Kedung Kumpul Kecamatan Sari Rejo, yang telah banyak memberikan informasi kepada penulis.
2. Yang Terhormat Bapak Mas'ud, S.Ip Selaku Dosen Pembimbing Lapangan KKN UNISDA Tahun 2010 Desa Kedung Kumpul Kecamatan Sari Rejo, yang telah memberikan bimbingan dengan tekun, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan individu ini.
3. Dan tak lupa teman-temanku seperjuangan yang KKN di Desa Kedung Kumpul Kecamatan Sari Rejo, yang telah memberikan bantuannya.
Oleh karena itu saran dari pembaca sangat penulis nantikan, akhirnya semoga makalah ini bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umumnya.
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman sampul ............................................................................................. i
Halaman pengesahan ...................................................................................... ii
Kata Pengantar ................................................................................................ iii
Daftar Isi ......................................................................................................... iv
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah ............................................................ 1
B. Rumusan Masalah .................................................................... 2
C. Tujuan ..................................................................................... 3
BAB II PEMBAHASAN
A. Kegiatan yang Dilakukan ......................................................... 4
B. Hasil Kegiatan .......................................................................... 4
C. Hambatan dan Cara Mengatasi ................................................. 5
BAB III PENUTUP
A. Simpulan ................................................................................... 6
B. Saran – saran ............................................................................. 6
Lampiran – Lampiran ..................................................................................... v
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Perguruan tinggi adalah lembaga pendidikan yang bertujuan menciptakan ilmuan yang intelektual tinggi serta memiliki kepekaan terhadap lingkungan, sehingga diharapkan mampu memecahkan permasalahan yang ada di sekitarnya.
Untuk mewujudkan tujuan tersebut perguruan tinggi mempunyai tri dharma perguruan tinggi yang meliputi 3 aspek yaitu pengetahuan, penelitian dan pengabdian terhadap masyarakat. Kegiatan pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat dikenal dengan nama Kuliah Kerja Nyata (KKN).
KKN adalah merupakan salah satu bentuk kegiatan mahasiswa mengamalkan ilmunya yang selama ini diperoleh di banku perkuliahan, sehingga diharapkan mahasiswa mampu memecahkan masalah nyata yang dihadapi oleh masyarakat yang ada di lokasi KKN dan memberikan solusi alternatif serta membantu di berbagai bidang, baik bidang pendidikan maupun bidang keagamaan.
Desa kedungkumpul kecamatan sarirejo kabupaten lamongan merupakan daerah pedesaan. Luas wilayahnya kurang lebih 651,4 ha dengan jumlah penduduk kurang lebih 5.200 jiwa yang terbagi atas 6 dusun, yaitu keduwul, walang kopo, kepoh, kemlaten, kedung, perembukan.
Desa Kedung Kumpul mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani dan sebagian lagi penduduknya ada yang merantau, sehingga di desa ini sulit ditemui anak – anak remaja atau bapak – bapak.
Desa Kedung Kumpul memiliki empat lembaga pendidikan di tingkat dasar yaitu SD sebanyak 3 dan MI 1 dan ada juga lembaga pendidikan non formal yaitu Taman Pendidikan Qur’an (TPQ).
Di antara lembaga di atas, penulis khususkan laporan individu KKN pada pendidikan non formal yaitu TPQ, hal ini disebabkan karena penulis lebih banyak melakukan tugas lapangan di TPQ tersebut. Kondisi anak didik di TPQ, disana sepengetahuan penulis sangat memprihatinkan, terbukti dengan masih banyak santri – santri yang belum bias membaca sekaligus didukung dengan kualitas guru yang belum memadai karena guru – gurunya hanya berijazah SLTP saja serta didukung dengan sarana san prasarana yang kurang memadai. Hal inilah yang membuat penulis untuk memberikan laporan demi perbaikan bersama.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas dapat dirumuskan beberapa massalah sebagai berikut :
1. Kurangnya kesadaran para santri dalam memahami dan membaca Al-Qur’an
2. Masih banyak guru yang kurang professional dalam pembelajaran.
3. Minimnya buku pegangan santri dan panduan guru/pendidik.
C. Tujuan
Adapun tujuan dari penulisan laporan ini adalah :
1. Agar para santri dapat membaca al-qur’an dengan baik dan benar.
2. Agar guru/pendidik mampu melaksanakan pembelajaran dengan baik dan benar.
3. Agar siswa atau santri dapat belajar dengan baik.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Kegiatan yang Dilakukan
Pelaksanaan kegiatan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Kedungkumpul Kecamatan sarirejo alhamdulillah berjalan dengan lancar, Adapun kegiatan yang sudah berjalan adalah :
1. Memperkenalkan cara belajar membaca Al-Qur’an yang baik dan benar.
2. Memperkenalkan do’a sehari – hari
3. Menghafal surat – surat pendek.
4. Menanamkan sifat akhlakul karimah.
B. Hasil Kegiatan
Berdasarkan kegitan yang sudah terlaksana di atas, dapat menghasilkan sebagai berikut :
1. Siswa mampu membaca dan memahami Al-Quran dengan baik dan lancar walaupun hanya sebagian siswa.
2. Siswa mampu mengimplementasikan do’a – do’a dalam sehari – hari.
3. Siswa dapat menghafal surat – surat pendek walaupun hanya sebagian surat yang dihafal.
4. Siswa mampu mengimpelementasikan sifat akhlakul karimah dalam kehidupan sehari – hari dan mampu menghormati orang tua.
C. Hambatan dan Cara Mengatasinya
1. Hambatan
Selama kegiatan berlangsung penulis menemukan beberapa hambatan diantaranya :
1. Ada siswa yang kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran.
2. Minimnya buku pegangan untuk santri / siswa.
3. Cara Mengatasi
Setelah melihat hambatan yang ada di atas, maka penulis mengambil langkah – langkah untuk mrngatasi masalah atau hambatan tersebut antara lain :
1. Memberikan perhatian dan motivasi pada anak yang kurang aktif.
2. Membagikan buku secara menyeluruh kepada setiap santri sehingga santri mampu belajar dengan baik tanpa mengganggu temannya.
BAB III
PENUTUP
A. SIMPULAN
Berdasarkan pembahasan yang ada di atas maka dapat penulis simpulkan :
1. Bahwa masih banyak siswa atau santri yang belum mampu membaca dan memahami al-Qur’an dengan baik dan benar terbukti masih ada santri yang membacanya masih lambat.
2. Sistem pembelajarannya kurang aktif dan msih belum sesuai dengan kurikulum yang ada, ini disebabkan karena para pendidiknya hanya lulusan SLTP (Sekarang SMP).
3. Pembelajarannya sulit diterima karena sarana dan prasarananya kurang memadai terbukti masalah pembagian buku kurang merata.
B. SARAN
Semoga dengan adanya kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) ini dapat menjadi motivasi bagi para santri – santri disana sehingga mereka dapat meningkatkan prestasi belajar mereka.
LAMPIRAN - LAMPIRAN
Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO
0 comments:
Post a Comment